Menentukan Menu Makanan

Setelah membahas seputar usaha kuliner, kini saatnya kita masuk ke point pertama, menentukan jenis makanan dan menu apa yang akan kita sajikan! Kalau anda masih bingung menentukan menu makanan, coba anda lihat kembali menu makanan sehari-hari milik keluarga yang lezat, ataupun bisa mengambil inspirasi dari internet dan media sosial dengan jenis makanan beragam.

Nah kalau anda masih bingung menu apa yang akan sajikan, anda perlu mengadakan yang namanya MARKET RESEARCH.

Market Research ini adalah kegiatan untuk mencari tahu jenis pasar dan produk apa yang sedang bisa dijual-belikan dengan baik secara nilai ekonomis. Untuk contoh, kita sudah mengetahui bahwa beberapa tahun ini market usaha kuliner sedang dikuasai oleh kopi bergula aren atau indomie rasa salted-egg.

Berikut tabel simpel yang bisa kamu pakai untuk mencatat dan melakukan pengertian mengenai market usaha kuliner yang ingin kamu telusuri.

Dengan tabel yang simpel ini, anda bisa mengembangkan beberapa market makanan yang sedang trending. Nah, kalau anda sudah menentukan menu makanan legendaris milik keluarga, tabel ini bisa anda abaikan.

Berikut contoh makanan-makanan legendaris yang bisa jadi bahan pertimbangan

Perlu diketahui juga, di depan mata customer, elemen-elemen penting dari menu makanan yang baik adalah:

  1. Rasa
  2. Visual
  3. Nilai

Soal rasa, adalah cukup jelas: semua makanan enak pasti terjual dengan sendirinya. Tapi biasa untuk bisa diberi nilai ekonomis tambahan (bisa dijual dengan harga lebih baik), perlu dikombinasikan dengan VISUAL dan NILAI.

Elemen visual ini bersifat bagaimana anda mempresentasikan makanan kepada customer (di atas piring cantik, nampan pandan, dan lain-lain). VISUAL akan berpengaruh terhadap harga makanan dan NILAI yang dirasakan oleh customer!Elemen NILAI adalah berapa harga yang akan ditentukan oleh Customer untuk makanan. Rumus ekonomi itu simpel, jika kita bisa memberi nilai lebih kepada Customer, mereka akan membayar kita lebih, sesuai dengan nilainya.

Pastikan anda sudah mempelajari market dengan baik (makanan yang lagi trending, menu nenek yang enak) dan mengawinkan informasi ini dengan pertimbangan elemen RASA, VISUAL, dan NILAI!